Film Indonesia Favorit Anda

Edo on February 17th, 2008

Aslinya saya suka 3 jenis film : Komedi, Spy/Spionase/Mafia, Drama/Romance. Tapi untuk film Indonesia, hanya 2 kategori film Indonesia yang biasanya saya tonton. Pertama film ancur (baca : yang lucu, ngga perlu banyak dipikirin, yang penting bikin ngakak dan happy hehehhe), kedua film yang memang mampu memberikan pesan dalam.
Entahlah, bukan mau sok Hollywood minded. Tapi sialnya, rata-rata film luar yang saya tonton meski disatu sisi biasa-biasa aja tapi relatif mampu memberikan “AHA”, mampu memberikan pesan yang dalam. Pulang dengan sebuah makna yang mengendap untuk dicerna.

Pasca Film AADC yang seakan membuka kembali kisah sukses film Indonesia, ada beberapa film yang menurut saya keren. Film lucu berada di listing paling banyak yang saya suka, seperti Extra Large, Quicky Express, Mendadak Dangdut, Get Married, Jomblo, Maaf : Saya Menghamili Istri Anda adalah beberapa diantaranya. Asik buat ditonton untuk melepas kepenatan.

Film horor? Hmm…. wait.. Tak mikir dulu. Tapi, kok ngga ada yang ngena yah? Padahal sebenarnya nonton film horor Indonesia harusnya lebih menyeramkan lo. Tapi terus terang, film horor saat ini ngga ada yang “dapet”. Mending nonton film horor jaman jadul. Bener-bener bikin merinding dan ngga bisa tidur!

Untuk kategori film yang “dalem”, listing saya jadi terbatas. Ada beberapa film yang “dalem banget” menurut saya, seperti Daun Diatas Bantal dan Rindu Kami PadaMu-nya Garin Nugroho, Kiamat Sudah Dekat dan Naga Bonar-nya Dedy Mizwar. Film-film ini begitu berkesan.

Diluar itu, saya juga suka film Arisan dan Berbagi Suami-nya Nia Dinata. Untuk kategori romance, setelah AADC entah kenapa belum banyak yang “ngena” buat saya. Paling yang cukup dalem film Selamanya, yang disutradarai Odi C Harahap, dan Love yang saya tonton kemaren.

Ada sih beberapa film romance yang juga bagus. Tapi yang nyebelin adalah bagusnya setengah-setengah. Misal, ceritanya bagus tapi artisnya standard. Actingnya keren, ceritanya yang datar. Tapi saya masih suka beberapa film karena alasan terbatas seperti Dealova, Cinta Pertama dll.

So, kalau di listing nih, beberapa film favorit sayah 10 tahun terakhir :

Komedi :
Extra Large,
Quicky Express,
Mendadak Dangdut,
Get Married,
Jomblo,
Maaf : Saya Menghamili Istri Anda

Romantis/Drama :
Selamanya
Love

Action  :
Mengejar Matahari

Horor : -
Ngga bisa mengkategorikan :
Naga Bonar Jadi 2
GIE
Berbagi Suami
Arisan

Bagaimana Dengan Anda?

3 Responses to “Film Indonesia Favorit Anda”

  1. jomblo IS reccomended ^^ haha.

    as well as mengejar matahari dan naga bonar jadi 2.. ^^

  2. enak enak siy filemnya… hehe, tapi eh tetapi, kalo diperhatiin, jarang2 film indonesia yang mempunyai ‘makna’ yang berkesan. kalo gw liat misal film barat, mereka siy, ngambil tema gak jauh-jauh amat, tapi mereka punya ‘pesan’ yang bermakna, yang hendak mereka hujamkan ke sanubari penonton mereka. bahkan walau hanya film kartun, tapi kesan yang ditinggalkan itu lho, simak aja (kartun) finding nemo, brother bear, dll n kalo yang drama, kayak 13 going 30, never been kissed, 17 again, breaking and entering, de el el… andai produsen film indonesia bisa lebih mengutamakan makna dalam setiap filmnya…..
    tapi by the way, gw tetep ngedukung perfilman indonesia kok… bagaimanapun gw tetep cinta ama produk domestik, hehehe

  3. Dealova…
    like this….

Trackbacks/Pingbacks

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>