sepotong kisah lain tentang Soekarno

Edo on February 21st, 2008

Sedari pagi, suasana mencekam sudah terasa. Kabar yang berhembus mengatakan, mantan Presiden Soekarno akan dibawa ke rumah sakit ini dari rumah tahanannya di Wisma Yaso yang hanya berjarak lima kilometer.

Malam ini desas-desus itu terbukti. Di dalam ruang perawatan yang sangat sederhana untuk ukuran seorang mantan presiden, Soekarno tergolek lemah di pembaringan. Sudah beberapa hari ini kesehatannya sangat mundur. Sepanjang hari, orang yang dulu pernah sangat berkuasa ini terus memejamkan mata. Suhu tubuhnya sangat tinggi. Penyakit ginjal yang tidak dirawat secara semestinya kian menggerogoti kekuatan tubuhnya.

Lelaki yang pernah amat jantan dan berwibawa-dan sebab itu banyak digila-gilai perempuan seantero jagad, sekarang tak ubahnya bagai sesosok mayat hidup. Tiada lagi wajah gantengnya. Kini wajah yang dihiasi gigi gingsulnya telah membengkak, tanda bahwa racun telah menyebar ke mana-mana. Bukan hanya bengkak, tapi bolong-bolong bagaikan permukaan bulan. Mulutnya yang dahulu mampu menyihir jutaan massa dengan pidato-pidatonya yang sangat memukau, kini hanya terkatup rapat dan kering. Sebentar-sebentar bibirnya gemetar. Menahan sakit. Kedua tangannya yang dahulu sanggup meninju langit dan mencakar udara, kini tergolek lemas di sisi tubuhnya yang kian kurus.

Sang Putera Fajar tinggal menunggu waktu.

Dua hari kemudian, Megawati, anak sulungnya dari Fatmawati diizinkan tentara untuk mengunjungi ayahnya. Menyaksikan ayahnya yang tergolek lemah dan tidak mampu membuka matanya, kedua mata Mega menitikkan airmata. Bibirnya secara perlahan didekatkan ke telinga manusia yang paling dicintainya ini.

“Pak, Pak, ini Ega…”

Senyap.

Ayahnya tak bergerak. Kedua matanya juga tidak membuka. Namun kedua bibir Soekarno yang telah pecah-pecah bergerak-gerak kecil, gemetar, seolah ingin mengatakan sesuatu pada puteri sulungnya itu. Soekarno tampak mengetahui kehadiran Megawati. Tapi dia tidak mampu membuka matanya. Tangan kanannya bergetar seolah ingin menuliskan sesuatu untuk puteri sulungnya, tapi tubuhnya terlampau lemah untuk sekadar menulis. Tangannya kembali terkulai. Soekarno terdiam lagi.

Melihat kenyataan itu, perasaan Megawati amat terpukul. Air matanya yang sedari tadi ditahan kini menitik jatuh. Kian deras. Perempuan muda itu menutupi hidungnya dengan sapu tangan. Tak kuat menerima kenyataan, Megawati menjauh dan limbung. Mega segera dipapah keluar.

Jarum jam terus bergerak. Di luar kamar, sepasukan tentara terus berjaga lengkap dengan senjata.

Malam harinya ketahanan tubuh seorang Soekarno ambrol. Dia coma. Antara hidup dan mati. Tim dokter segera memberikan bantuan seperlunya.

Keesokan hari, mantan wakil presiden Muhammad Hatta diizinkan mengunjungi kolega lamanya ini. Hatta yang ditemani sekretarisnya menghampiri pembaringan Soekarno dengan sangat hati-hati. Dengan segenap kekuatan yang berhasil dihimpunnya, Soekarno berhasil membuka matanya. Menahan rasa sakit yang tak terperi, Soekarno berkata lemah.

“Hatta.., kau di sini..?”

Yang disapa tidak bisa menyembunyikan kesedihannya. Namun Hatta tidak mau kawannya ini mengetahui jika dirinya bersedih. Dengan sekuat tenaga memendam kepedihan yang mencabik hati, Hatta berusaha menjawab Soekarno dengan wajar. Sedikit tersenyum menghibur.

“Ya, bagaimana keadaanmu, No?”

Hatta menyapanya dengan sebutan yang digunakannya di masa lalu. Tangannya memegang lembut tangan Soekarno. Panasnya menjalari jemarinya. Dia ingin memberikan kekuatan pada orang yang sangat dihormatinya ini.

Bibir Soekarno bergetar, tiba-tiba, masih dengan lemah, dia balik bertanya dengan bahasa Belanda. Sesuatu yang biasa mereka berdua lakukan ketika mereka masih bersatu dalam Dwi Tunggal.

Hoe gaat het met jou…?” Bagaimana keadaanmu?

Hatta memaksakan diri tersenyum. Tangannya masih memegang lengan Soekarno.

Soekarno kemudian terisak bagai anak kecil.

Lelaki perkasa itu menangis di depan kawan seperjuangannya, bagai bayi yang kehilangan mainan. Hatta tidak lagi mampu mengendalikan perasaannya. Pertahanannya bobol. Airmatanya juga tumpah. Hatta ikut menangis.

Kedua teman lama yang sempat berpisah itu saling berpegangan tangan seolah takut berpisah. Hatta tahu, waktu yang tersedia bagi orang yang sangat dikaguminya ini tidak akan lama lagi. Dan Hatta juga tahu, betapa kejamnya siksaan tanpa pukulan yang dialami sahabatnya ini. Sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh manusia yang tidak punya nurani.

“No…”

Hanya itu yang bisa terucap dari bibirnya. Hatta tidak mampu mengucapkan lebih. Bibirnya bergetar menahan kesedihan sekaligus kekecewaannya. Bahunya terguncang-guncang.

Jauh di lubuk hatinya, Hatta sangat marah pada penguasa baru yang sampai hati menyiksa bapak bangsa ini. Walau prinsip politik antara dirinya dengan Soekarno tidak bersesuaian, namun hal itu sama sekali tidak merusak persabatannya yang demikian erat dan tulus.

Hatta masih memegang lengan Soekarno ketika kawannya ini kembali memejamkan matanya.

Jarum jam terus bergerak. Merambati angka demi angka.

Sisa waktu bagi Soekarno kian tipis.

Sehari setelah pertemuan dengan Hatta, kondisi Soekarno yang sudah buruk, terus merosot. Putera Sang Fajar itu tidak mampu lagi membuka kedua matanya. Suhu badannya terus meninggi. Soekarno kini menggigil. Peluh membasahi bantal dan piyamanya. Malamnya Dewi Soekarno dan puterinya yang masih berusia tiga tahun, Karina, hadir di rumah sakit. Soekarno belum pernah sekali pun melihat anaknya.

Minggu pagi, 21 Juni 1970. Dokter Mardjono, salah seorang anggota tim dokter kepresidenan seperti biasa melakukan pemeriksaan rutin. Bersama dua orang paramedis, Dokter Mardjono memeriksa kondisi pasien istimewanya ini. Sebagai seorang dokter yang telah berpengalaman, Mardjono tahu waktunya tidak akan lama lagi. Dengan sangat hati-hati dan penuh hormat, dia memeriksa denyut nadi Soekarno. Dengan sisa kekuatan yang masih ada, Soekarno menggerakkan tangan kanannya, memegang lengan dokternya. Mardjono merasakan panas yang demikian tinggi dari tangan yang amat lemah ini. Tiba-tiba tangan yang panas itu terkulai. Detik itu juga Soekarno menghembuskan nafas terakhirnya. Kedua matanya tidak pernah mampu lagi untuk membuka. Tubuhnya tergolek tak bergerak lagi. Kini untuk selamanya.

Situasi di sekitar ruangan sangat sepi. Udara sesaat terasa berhenti mengalir. Suara burung yang biasa berkicau tiada terdengar. Kehampaan sepersekian detik yang begitu mencekam. Sekaligus menyedihkan.

Dunia melepas salah seorang pembuat sejarah yang penuh kontroversi. Banyak orang menyayanginya, tapi banyak pula yang membencinya. Namun semua sepakat, Soekarno adalah seorang manusia yang tidak biasa. Yang belum tentu dilahirkan kembali dalam waktu satu abad. Manusia itu kini telah tiada.

Dokter Mardjono segera memanggil seluruh rekannya, sesama tim dokter kepresidenan. Tak lama kemudian mereka mengeluarkan pernyataan resmi: Soekarno telah meninggal.

Berita kematian Bung Karno dengan cara yang amat menyedihkan menyebar ke seantero Pertiwi. Banyak orang percaya bahwa Bung Karno sesungguhnya dibunuh secara perlahan oleh rezim penguasa yang baru ini. Bangsa ini benar-benar berkabung. Putera Sang Fajar telah pergi dengan status tahanan rumah. Padahal dia merupakan salah satu proklamator kemerdekaan bangsa ini dan menghabiskan 25 tahun usia hidupnya mendekam dalam penjara penjajah kolonial Belanda demi kemerdekaan negerinya.

Anwari Doel Arnowo, seorang saksi sejarah yang hadir dari dekat saat prosesi pemakaman Bung Karno di Blitar dalam salah satu milis menulis tentang kesaksiannya. Berikut adalah kesaksian dari Cak Doel Arnowo yang telah kami edit karena cukup panjang:

Pagi-pagi, 21 Juni 1970, saya sudah berada di sebuah lubang yang disiapkan untuk kuburan manusia. Sederhana sekali dan sesederhana semua makam di sekelilingnya. Sudah ada sekitar seratusan manusia hidup berada di situ dan semua hanya berada di situ, tanpa mengetahui apa saja tugas mereka sebenarnya. Yang jelas, semuanya bermuka murung. Ada yang matanya penuh airmata, tetapi bersinar dengan garang. Kelihatan roman muka yang marah. Ya, saya pun marah. Hanya saja saya bisa menahan diri agar tidak terlalu kentara terlihat oleh umum.

Kita semua di kota Malang mendengar tentang almarhum yang diberitakan telah meninggal dunia sejak pagi hari dan sudah menyiapkan diri untuk menunggu keputusan pemakamannya di mana. Sesuai amanat almarhum, seperti sudah menjadi pengetahuan masyarakat umum, Bung Karno meminta agar dimakamkan di sebuah tempat di pinggir kali di bawah sebuah pohon yang rindang di Jawa Barat (asumsi semua orang adalah di rumah Bung Karno di Batu Tulis di Bogor).

Tetapi lain wasiat dan amanah, lain pula rezim Soeharto yang secara sepihak memutuskan jasad Bung Karno dimakamkan di Blitar dengan dalih bahwa Blitar adalah kota kelahirannya. Ini benar-benar ceroboh. Bung Karno lahir di Surabaya di daerah Paras Besar, bukan di Blitar! Bung Karno terlahir dengan nama Koesno, dan ikut orang tuanya yang jabatan ayahnya, Raden Soekemi Sosrodihardjo, adalah seorang guru yang mengajar di sebuah Sekolah di Mojokerto dan kemudian dipindah ke Blitar. Di sinilah ayah Bung Karno, meninggal dunia dan dimakamkan juga di sisinya, isterinya (yang orang Bali ) bernama Ida Ayu Nyoman Rai.

Setelah matahari tinggal sepenggalan sebelum terbenam, rombongan jenazah Bung Karno akhirnya sampai di tempat tujuan. Yang hadir didorong-dorong oleh barisan tentara angkatan darat yang berbaris dengan memaksa kumpulan manusia agar upacara dapat dilaksanakan dengan layak.

Tampak Komandan Upacara jenderal Panggabean memulai upacara dan kebetulan saya berdiri berdesak-desakan di samping Bapak Kapolri Hoegeng Iman Santosa, yang sedang sibuk berbicara dengan suara ditahan agar rendah frekuensinya tidak mengganggu suara aba-aba yang sudah diteriak-teriakkan. Saya berbisik kepada beliau, ujung paling belakang rombongan ini berada di mana? Beliau menjawab singkat di kota Wlingi. Hah?! Sebelas kilometer panjangnya iring-iringan rombongan ini sejak dari lapangan terbang Abdulrachman Saleh di Singosari, Utara kota Malang.

Pak Hoegeng yang sederhana itu kelihatan murung dan sigap melakukan tugasnya. Dia berbisik kepada saya: “There goes a very great man!!” Saya terharu mendengarnya. Apalagi ambulans (mobil jenazah) yang mengangkut Bung Karno terlalu amat sederhana bagi seorang besar seperti beliau. Saya lihat amat banyak manusia mengalir seperti aliran sungai dari pecahan rombongan pengiring. Sempat saya tanyakan, ada yang mengaku dari Madiun, dari Banyuwangi bahkan dari Bali.

Saya menuju ke arah berlawanan dengan tujuan ke rumah Bung Karno, di mana kakak kandung beliau, Ibu Wardojo tinggal. Hari sudah gelap dan perut terasa lapar karena kita tidak berhasil mendapatkan makanan atau minuman, sebab kalau pun ada warung atau penjual makanan, pasti sudah kehabisan minuman atau makanan apa pun yang bisa ditelan. Saya ingat bahwa orang Muhammadiyah tidak memberi hidangan, minum sekalipun, kepada kaum pelayat. Bung Karno adalah orang Muhammadiyah. Kota Blitar tidak siap menampung orang sekian banyak. Setelah dilakukan pemakaman jenazah Bung Karno, beberapa waktu di kemudian hari semua makam Pahlawan di Taman Pahlawan Sentul ini dipindahkan ke Mendukgerit, yang telah saya kenal sebelumnya sebagai Bendogerit.

Pemindahan ini dilaksanakan dengan alasan di lokasi pemakaman sudah penuh, tetapi pada kenyataannya kemudian ada proyek pembangunan makam Bung Karno yang memakan area cukup lebar.

Kuburannya Pun Tidak Boleh Dijenguk

Sejarah mencatat, sejak 1971 sampai 1979, makam Bung Karno tidak boleh dikunjungi umum dan dijaga sepasukan tentara. Kalau mau mengunjungi makam harus minta izin terlebih dahulu ke Komando Distrik Militer (KODIM). Apa urusannya KODIM dengan izin mengunjungi makam?

Saya bersama ibu saya dan beberapa saudara datang secara mendadak pergi ke Blitar dengan tujuan utama ziarah ke Makam Bung Karno. Tanpa ragu kita ikuti aturan dan akhirnya sampai ke pimpinannya yang paling tinggi. Saya ikut sampai di meja pemberi izin dan sudah ditentukan oleh kita bersama, bahwa salah satu saudara saya saja yang berbicara. Saya sendiri meragukan emosi saya, bisakah saya bertindak tenang terhadap isolasi kepada sebuah makam oleh Pemerintah atau rezim? Nah, ternyata meskipun tidak terlalu ramah, mereka melayani dengan muka seperti dilipat. Mungkin dengan menunjukkan muka seperti itu merasa bertambah rasa gagahnya terhadap rakyat biasa macam kami. Akhirnya semua beres dan kami mendapat sepucuk surat. Apa yang terjadi?

Sesampainya di makam kami turun dari kendaraan kami dan saya bawa surat izin dari KODIM. Surat itu kami tunjukan ke tentara yang jaga makam. Waktu tentara itu baca surat, saya terdorong untukmenoleh ke belakang. Terkejut saya. Selain rombongan sendiri, Ibu saya dan saudara-saudara, telah mengikuti kami sebanyak lebih dari tiga puluh orang, bergerombol. Mereka, orang-orang yang tidak kami kenal sama sekali, melekat secara rapat dengan rombongan kami. Saya lupa persis bagaimana, akan tetapi saya ingat kami memasuki pagar luar dan kami bisa mendekat sampai ke dinding kaca tembus pandang dan hanya memandang makamnya dari jarak, yang mungkin hanya sekitar tiga meter.

Para pengikut dadakan yang berada di belakang rombongan kami dengan muka berseri-seri, merasa beruntung dapat ikut masuk ke dalam lingkungan pagar luar itu. Ada yang bersila, memejamkan mata dan mengatupkan kedua tangannya, posisi menyembah. Saya tidak memperhatikannya, tetapi jelas dia bukan berdoa cara Islam. Mereka khusyuk sekali dan waktu kami kembali menuju ke kendaraan kami, beberapa di antara mereka menjabat tangan dan malah ada yang menciumnya, membuat saya merasa risih.

Salah seorang dari mereka ini mengatakan bahwa dia sudah dua hari bermalam di sekitar situ di udara terbuka menunggu sebuah kesempatan seperti yang telah terjadi tadi. Tanpa kata-kata, saya merasakan getar hati rakyat, rakyat Marhaen kata Bung Karno! Mereka menganggap Bung Karno bukan sekedar Proklamator, tetapi seorang Pemimpin mereka dan seorang Bapak mereka. Apapun yang disebarluaskan dan berlawanan arti dengan kepercayaan mereka itu semuanya dianggap persetan. Dalam hubungan Bung Karno dengan Rakyat, tidak ada unsur uang berbicara.

Dibunuh Perlahan

Keyakinan orang banyak bahwa Bung Karno dibunuh secara perlahan mungkin bisa dilihat dari cara pengobatan proklamator RI ini yang segalanya diatur secara ketat dan represif oleh Presiden Soeharto. Bung Karno ketika sakit ditahan di Wisma Yasso (Yasso adalah nama saudara laki-laki Dewi Soekarno) di Jl. Gatot Subroto. Penahanan ini membuatnya amat menderita lahir dan bathin. Anak-anaknya pun tidak dapat bebas mengunjunginya.

Banyak resep tim dokternya, yang dipimpin dr. Mahar Mardjono, yang tidak dapat ditukar dengan obat. Ada tumpukan resep di sebuah sudut di tempat penahanan Bung Karno. Resep-resep untuk mengambil obat di situ tidak pernah ditukarkan dengan obat. Bung Karno memang dibiarkan sakit dan mungkin dengan begitu diharapkan oleh penguasa baru tersebut agar bisa mempercepat kematiannya.

Permintaan dari tim dokter Bung Karno untuk mendatangkan alat-alat kesehatan dari Cina pun dilarang oleh Presiden Soeharto. “Bahkan untuk sekadar menebus obat dan mengobati gigi yang sakit, harus seizin dia, ” demikian Rachmawati Soekarnoputeri pernah bercerita.

dikutip dari blog mas andi di www.andists.info

122 Responses to “sepotong kisah lain tentang Soekarno”

  1. Fenomena Bangsa Indonesia…
    Apa yang salah dengan Soekarno sehingga ia harus mendapatkan perlakuan yang demikian tragis disaat kematiaannya…
    Apa yang benar dari Soeharto sehingga ia mendapatkan perlakuan yang demikian istimewanya disaat kematiannya…
    Apa yang hebat dari keduanya disaat kemaatiannya begitu banyak orang yang simpati, bahkan mengkultuskannya…
    Apakah ini semua ada kaitannya dengan kesaktian kejawen orang Jawa…? Sehingga Soeharto tega melakukan hal-hal yang diluar akal pikiran sebagai salah satu kader Soekarno ? Sehingga harus melanggar semua yang dwasiatkan dan melarang orang lain untuk masuk, apakah itu semua demi bangsa dan negaranya ?
    Yang pasti keduanya adalah orang besar, akan tetapi yang satu adalah bakat atau anugrah dari Tuhan sedangkan yang satu lagi dengan upaya merampas dan berusaha untuk mempertahankannya… Tapi keduanya tetap orang besar dengan karakteristik masing-masing.
    Sesuai dengan karakteristik keduanya yang memang berbeda, saya punya keyakinan bahwa kedua-duanya dalam menghadapi kematian amatlah sakit, Soeharto mungkin merasakan hal yang paling parah, hanya saja kita melihatnya dari sisi luar saja, bayangkan usia nya demikian panjang dengan rasa sakit yang dideranya, ya hanya dia yang merasakannya. Menyaksikan keluarganya hancur satu demi satu, melaihat pengkhianatan yang dilakukan oleh sahabat-sahabatnya, bahkan melihat istrinya yang katanya terbunuh oleh … nya, melihat anak kesayangannya terpenjara. Sesuai dengan karakteristiknya yang diam, dia hanya merasakan setiap kepedihan yang dirasakannnya.
    Begitu juga dengan karakteristik Soekarno yang selalu menggelora, kematiannya juga penuh dengan gelora,tapi mungkin yang dia rasakan tidak seperti siksaan yang dirasakan oleh Soeharto. Aku rasa semuanya pasti mendapatkan akibatnya sesuai dengan perbuatannya.
    Yah, itulah hidup, semoga saja Tuhan akan selalu menidurkan kita selamanya dengan khusnul khotimah.
    Amin.

  2. #cossalabu : sejarah adalah milik mereka yang berkuasa. tapi toh pada akhirnya keragaman cerita yang terungkap akan menjelaskan semuanya. selama kita ingin mencari, selama kita ingin belajar. bukankah begitu kang ngkos? :)

  3. adakah pemimpin yang melayani rakyatnya saat ini?

    SEMUA ORANG MENGAKUI DIRI SEBAGAI WAKIL RAKYAT.
    RASANYA HARUS MEMBELI CERMIN YANG CUKUP BESAR AGAR MEREKA “BERKACA”

    KACA INI UNTUK “MEREKA” BADUT-BADUT POLITIK!!!!

  4. Assalamu ‘alaikum Wr.Wb;
    Selamat Sore;

    Wah sangat dramatis sekali ceritanya dan wow menyedihkan sekali ya…….., saya bangga punya Presiden Republik Indonesia Soekarno dan Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia adalah Mohammad Hatta; mari kita berdoa agar Bangsa Indonesia seperti harapan mereka pada Preambule (Pembukaan UUD 1945) terwujudnya kemakmuran negara kita sesuai ajaran Pancasila (Lima Dasar).(… aduh bahasa ku……….maaf……….)
    Ok, (Tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad Rasul Allah yang terakhir).
    Amin ya Rabbal ‘alamin.

    Terima Kasih

  5. Ketika kecil aku heran mengapa orang begitu mengagung agungkan soekarno.Apakah dia titisan dewa yang perlu di puja?Tapi ketika aku mencoba mendalami soekarno maka aku sangat terkagum padany karena bagiku dia lebih dari sekedar dewa.

    Ketika aku ecoba menganalisis peristiwa supersemar aku bertanya tanya mengapa Bung karno tidak melakukan perlawanan terhadap blok soeharto?Jawabnya hanya satu,”dia mencintai persatuan indonesia”. Pada saat itu dia masih memiliki kekuatan untuk mmelakuka perlawanan namun dia tidak ingin terjadi perang saudara diantara rakyat indonesia.Baginya ibu pertiwi sudah sangat lama menangis karena terus dijajah.Bung karno tidak ingin melihat indonesia bercerai dan kemudian dikuasai penjajah lagi,karena pada saat itu inggris masih sibuk embentuk seato dengan mengatasnamaka malasyia.Untuk itulah soekarno mengorbankan dirinya.Suatu sikap yang sangat mulia.

    Semoga akan banyak terlahir soekarno soekarno baru yang mau berkorban untuk bumi pertiwi ini.

  6. Assalamu alaikum. Wr.Wb.

    Itulah kenyataan yg terjadi pada Bung Karno, betul kata Mas Guruh “Sejarah masih banyak yg dibelokan” ….Alm. Pak Harto, keluarga & antek2nya adalah manusia2 yg paling berbahagia dalam menkmati kemerdekaan Bangsa Indonesia ini. mereka hanya menikmati kemerdekaan tanpa memperjuangkan kemerdekaan itu sendiri. Banyak Orang Indonesia kebanyakan melihat dr kekurangan Bung Karno nya saja seperti: Soekarno gila wanita/tukang kawin & beliau sekuler. Padahal klo dilihat kebelakang, negara ini tidak akan seperti sekarang, jikalau bangsa ini tidak mempunyai pejuang seperti Bung Karno & pejuang2 kemerdekaan yg lainnya, masih banyak pejuang2 kemerdekaan yg terlantar hidupnya sampai sekarang, hanya orang2 yg “pro” Soeharto saja yg menikmati kemerdekaan ini, padahal mereka tidak ikut angkat senjata melawan penjajah. Akhir kata Mudah2an Bung Karno tenang disisi-Nya, dimaafkan dr semua kesalahan & diterma Amal Sholehnya…..Amin. Buat Pak Harto selamat jalan, selamat menikmati balasan atas amal perbuatan Anda, meskipun harta Anda tdk akan habis u/ 7 turunan, tp itu semua tdk ada barokahnya & sekarang dsudah kelihatan, anak2 Anda berada dalam konflik interen mereka sendiri. Semoga Rakyat Indonesia bisa “melihat” itu semua. Terima Kasih.

    Wassalam.

  7. aq harus berterima kasih kepada allah swt yang telah menciptakan sosok seperti bung karno,,,,,
    sekarang aq baru berpikir kapan lagi ya aq temui sosok seperti beliu

    ya allah
    tolong Engkau kirimi kami sosok yang sepeti

    soekarno

  8. Presiden Soekarno ada;ah pahlawan terbesar dalam RI. Dialah yang membawa RI lepas dari penjajahan belanda. namun mengapa dia harus dijajah batin dan fisiknya oleh soeharto antek amerika??!! sampai kapanpun dialah yang pantas mendapat gelar Presiden sejati RI. sampai kapan bangsa ini harus dibohongi oleh ORBA yg memberontak pada Soekarno?? ORBA lah yang mendalangi G30S dan SUPERSEMAR!! walaupun soeharto sudah mati namun tetap bisa disidang masalah pemberontakannya, korupsinya, pembunuhan jendral dan rakyat PKI, dll. MARI KITA SERET ORBA KE MEJA HIJAU AKIBAT PELANGGARANNYA YANG LUAR BIASA HEBAT DALAM SEJARAH RI!!!

  9. marilah kita semua!!lupakan masa lalu.sekarang kita bersihkanlah sikap de-soekarnoisasi dan mari kita laksanakan soekarnoisasi!!untuk mengenang jasa beliau.

  10. Dear…
    Sy anak kmrn yang baru lahir tp setelah ngebaca artikel ini hati sy sgt tersentuh,knp y bangsa indonesia ini tdk pny rs kemanusian n terima kasih ama orang yg sdh memerdekakan bangsa ini?Tp sy sgt yakin walau Bung Karno jasadnya telah kembali k ALLAH SWT akan tetapi Ruhnya masih tetap mengiringi langkah anak bangsa agar tetap lebih mencintai INA,dan dia menunggu orang yg mampu tuk membangun,mempertahankan INA agar menjadi Mercu Suar Bagi seluruh negri.Sesuai dengan agama kita masing-masing mari kita berdoa tuk Ruh Bung Karno agar membantu INA keluar dari keterpurukan,krn sy yakin Ruh beliaulah kunci INA tuk bangkit kembali,menata sgala aspek kehidupan,pemerintahan yg slama ini tidak terkendali oleh rasa kapitalisme yg sempat berkembang dan menghidupkan rasa Nasionalis di diri kita masing-masing selaku anak bangsa,agar jgn sampai INA dijajah oleh bangsa lain dari berbagai aspek kehidupan.Marilah kita bersama2 belajar tuk menjadi seorang nasionalis sejati agar bisa mempertahankan n membesarkan bangsa ini.DW

  11. ya begitulah hidup.. tapi coba pikir deh.. ga mungkin suharto sampe gitu2 banget.. dan ga mungkin sukarno sebaik itu..

    ga ada manusia sesempurna itu atau seburuk itu. sejarah itu ga lengkap. karena sejarah ditetapin oleh persepsi sang pembuat berita.

    nah jadi gimana?

    ya harus kita cari, yang bener tu kaya apa.. karena gue nangkepnya dari cerita diatas tu.. Promosi PDI Perjuangan (hehehe)

    sekarang gini, jangan pada mikir jelek deh..
    Hitler itu dibenci karena bunuh2in orang Yahudi tapi coba bayangin. kalo waktu itu dia berhasil, pastinya Palestina ga mungkin diserang kaya sekarang.

    so jangan ngagung2in orang atau jelek2in orang sampe kelewatan ah..

  12. inilah hukum karma pada bung karno dan bangsa indon akibat dosa-dosa terdahulu……

  13. Soekarno tetaplah Soekarno !!!
    Soeharto tetaplah Soeharto !!!

    takkan pernah hina seorang manusia dimata manusia,
    jika itu bukanlah hina di mata Sang Pencipta !!!

    -peace-

  14. Pak Karno mungkin jasadna yg pergi tetapi kecintaanna terhadap ibu pertiwi gak pernah padam oleh sebab itu saya percaya disuatu zaman di tanah air republik indonesia akan ada pemimpin seperti pak karno yang arif dan bijaksana serta mengerti hati nurani rakyat indonesia.apabila gak ada pak karno mgkn kita gak mgkn merasakan indahnya hidup tanpa penjajahan.Oleh sebab itu kita sbg anak bangsa jangan sampai memvonis para pemimpin2 negara yang telah berjasa bagi negara.mungkin sudah takdir para pemimpin2 kita wafat dengan keadaan seperti itu. Sekarang marilah kita sebagai penerus bangsa ikut andil didalam merubah nasib negara ini…………..

  15. Aduuuuuuuh pak soeharto kejam sekali…
    Semoga arwah pak soekarno di alam sana tenang……..
    Amiiiiiiiiin ya robbal Alamin

  16. soekarno forever……ende flores NTT indonesia jadi saksi abadi……..seandainya aku bisa membalikkan waktu dan bapak masih duduk didepan rumah mungilnya…..beliau akan bercerita perjalanan abadinya di enede flores……………..

  17. Cukup mengharukan kisah paduka tercinta.. diakhir hayatnya beliau diasingkan dan terasing dari rakyatnya. tapi kami yakin bahwa jiwa dan ruh perjuangan dan kecintaan beliau pada bangsa dan ibu pertiwi masih menggelora! masih ada dan mendapat tempat dalam jiwa2 generasi muda saat ini, tentunya jiwa-jiwa muda yang patriotik dan akan tampil secara heroik. amien…

  18. duh aya bangga sekali karena bisa tinggal di indonesia ini apalagi seseorang yang mamperjuanhkan nya adalah sosok seperti pak soekarno
    mudah2an di masa yang akan datang negara indonesia dapat di pimoin kembali oleh sosok seperti pak soekarno
    aaaaaammmmmiiiiinnnn……..

  19. duh saya bangga sekali karena bisa tinggal di indonesia ini apalagi seseorang yang mamperjuangkan nya adalah sosok seperti pak soekarno
    mudah2an di masa yang akan datang negara indonesia dapat di pimpin kembali oleh sosok seperti pak soekarno
    aaaaaammmmmiiiiinnnn……..

  20. Sebagai bagian dari rakyat indonesia sepatutnyalah kita bersyukur kepada ALLAH SWT pernah punya pemimpin seperti beliau-beliau,tapi begaimanapun mereka tetaplah manusia yang benyak kekurangan,tidak ada yang sempurna sebagai anak bangsa ini saya mengajak kepada saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air untuk tetap selalu mendo,akan mereka,kita pendam sedalam-dalamnya kekurangan mereka,dan kita junjung setinggi-tingginya kebaikan mereka,tidaklah pantas rasanya kita selalu mengorek kekurangan mereka.waspadalah saudaraku setiap kata-kata yang kita keluarkan dari hati kita akan dimintai pertanggung jawaban oleh ALLAH SWT dihari akhir nanti sebab Pengadilan ALLLAH SWT lah yang akan mengadili setiap prilaku kita diatas bumi ini walaupun seberat dzarah sekalipun dengan seadil-adilnya.

  21. saya punya buku DI BAWAH BENDERA REVOLUSI jilid 1 cetakan ke 3 tahun1964, mau saya jual ..bila ada yang minat bisa anda hubungi d akang_tsm@yahoo.com

  22. mr. albertho ignatioMay 5th, 2009 at 14:26

    pemimpin sejati adalah pemimpin yang tidak mengandalkan uang
    cari dan buktikan sendiri siapa yang terbaik dari THE COUNTRY MASTER OF INDONESIA
    SOEKARNO adaalah proklamator sejati
    SOEHARTO adalah seorang diktator ulung
    SOEKARNO berhati mulia
    SOEHARTO berhati baja
    ???????????

  23. apapun yg terjadi saat ini sejarah telah menyatakan bahwa soekarno adalah pendiri bangsa ini,keabadian dan kebesaran namanya jauh lebih harum di bandingkan dengan para korptor2 yang mengaku pejuang rakyat ternyata…….mereka tikus2 berdasi yang tidak tahu diri……….semoga SOEKARNO mendapat tempat yang layak disisiNYA amin……………………..

  24. banyak badut di negeri ini yang hanya tertawa menjual gigi, berbohong demi tercukupinya kebutuhan sendiri

  25. Sungguh Tragis Siksaan tanpa pukulan yang di terima bung Karno, Tapi Pak Harto Telah menerima balasan atas perbuatan yang Pak Harto lakukan ke Bung Karno, Selamat Jalan Bung Karno… terima kasih atas perjaungan yang kamu lakukan untuk kami, tanpa mu Indonesia tidak akan seperti sekarang ini.

  26. Soekarno tetaplah Presiden RI selamanya. dialah yg memperjuangkan kemerdekaan. demi kesatuan bangsa dia rela serahkan jabtan Presiden ke soeharto tapi akhirnya dia pun harus disiksa sampai mati. apakah soeharto punya nurani?? siapapun yg berpihak pada soeharto adalah antek Orba!!! awas bahaya laten ORBA!!! Soeharto juga mendalangi pembunuhan jendral2, pembantaian PKI dan simpatisan Soekarno, menangkap soekarnois, menjatuhkan dan membunuh soekarno. bagaimanapun juga bangsa ini telah ditipu soeharto selama puluhan tahun. sampai sekarang pun soeharto masih ada yg memuja, sungguh ironis sekali!! pengkhianat bangsa dan penjajah bangsa sendiri kok dipuja!? dia pun juga krupsi setumpuk gunung2, dan membuat utang negara sebesar samudra. pantaskah dia diampuni???!!! tolong kita jgn subyektif tapi harus obyektif dalam menyelesaikan masalah soeharto. bangsa ini menunggu keadilan yg benar dan sampai kapanpun utk menunggu persidangan soeharto atas masalah HAM, Korupsi, pembunuhan soekarno,dll. kalaupun dia udah mati tetap namanya bisa disidangkan!!! anak2nya harus menanggung semua akibat perbuatannya!!! kita tidak boleh pilih kasih, ngga ada sungkan!!! pokoknya soeharto famili harus disidangkan!!!

  27. kyk nya plakunya soeharto hmmmmmm……

  28. apa bener tuuh….sebelum dan stelah mati.. sebagai anggota kluarga sulit sekali untuk menjengukya………..??????
    apa siihn bedanya makam biasa ma makam bung karno..???
    toh almarhumkan layak tuk di doakan…. alasannya apa..????
    kenapa bung karno pas lagi sakit nggak di bawa ke luar negeri aja….,
    kan pralatannya jauh lebih canggih dr kita pd waktu…??

  29. soekarno jika dikenakan hukuman hatinya slalu ikhlas dia slalu siap menjalani hukuman mskipun dia tdk mlanggar hukum..
    mungkin baginya itu adlh cobaan..

    sdngkan soeharto saat dikenakan hukuman slalu brbelit-belit dan slalu mengelak atas prbuatan trbunuhnya mahasiswa dan kasus korupsinya..
    dan smpai kematiannya pun dia bebas dr hukuman..

    trnyata benar tuhan menciptakan manusia ada yg baik dan jahat

  30. Bung Karno a/ salah satu orang pintar yg d’miliq bngsa Ind….
    tapi bahkan d’tnahx sndri Ia d’prlakukan dng tdk s’mstix,yg tak kalah mngharux…..mngapa perlakuan itu d’prlh d’ujung usiax…….?
    cb bndngx dng Pak Harto……
    sngat kontras…..

  31. soekarno dan soeharto mempunyai jasa dan pengabdian kepada bangsa ini yang sangat luar biasa maka sebagai anak bangsa kita patut untuk mengingat jasa-jasa beliau serta menghargai bukan meng-vonis,kesalahan beliau berdua, kita harus bangga mempunyai pemimpin sekaliber beliau berdua,kita doakan semoga mendapat tempat yang tinggi disisi ALLAH SWT.Amin Bravo INDONESIA jadikan Indonesia tempat yang damai untuk mengingat seta mengabdi kepada ALLAH SWT.

  32. ukarno tokoh hebat… berani menyuarakan suara rakyat… sebagai contoh “GANGANG MALAYSIA”

    tapi… jangan sampai terjerumus kalo ada orang yg mau mnyamakan dirinya seperti sukarno… contohnya : permadi

  33. jdi inget pas kecil,dulu nyebut nama Sukarno saja harus hati-hati bgt, pasang posternya saja salah2 bisa dianggap PKI, pdhl sdh thn 1999 an..padahal aq n temen2ku ngefans bgt sama beliau, ada mobil suharto lewat saja suruh berbaris dijalan2 kasi salam ( pdhl tau isinya suharto jg cuma dari platnya),pilih kabur ee disidang ditannyain alasannya..huegghh,ga enak bgt dech!!kalo sajaaa..bangsa ini terus dipimpin orang2 yang berjiwa seperti soekarno, mungkin aq akan cintaaa sekali ma indonesiaku..nasioanalismenya jdi kaya orang Jepang yang sangat menghargai negaranya dech mungkin :)

  34. Banyak anak bangsa yang tidak mau tahu sejarah perjalanan bangsa ini. Peran sangat besar bagi Bapak Bangsa kita Soekarno. Yang harus kita sadari, tanpa beliau, tak akan ada bangsa ini yang bernama : INDONESIA.

  35. Ternyata tidak ada orang yang sperti Soekarno ya dan keluarganya, mereka tahu orang tuanya di siksa pelan2 sampai kematian Beliau, namun anak2 Bung Karno tetap tabah menjalani demi menjaga keutuhan NKRI demikian juga Soekarno yang tetap diam dalam jeratan dan ikatan strategi Soeharto yang tidak ingin paham Soekarno semakin menggelora, namun Allah SWT adalah sesungguhnya Hakim Agung, Jaksa Agung. Semoga Arwah beliau Soekarno mendapatkan tempat yang terbaik dan utama, beliau bukan sekuler tapi menghormati manusia pada kodrat-Nya. Semoga banyak orang yang belajar pada kelebihan dan kecerdasan Soekarno, mampu menjadikan Indonesia menjadi NKRI yang memiliki harga diri dimata dunia, bukan karena persenjataannya, namun karena pemimpinnya yang mampu menjadi negara yang disegani karena menjunjung tinggi kemerdekaan dan anti imperialisme. SOEKARNO DIBANDING KURANG ENGKAU LEBIH BANYAK LEBIHNYA BAGI BANGSA INI.

  36. Setiap pemimpin mempunyai ego yang besar, tak terkecuali Soekarno. karena tanpa ego, mereka tak kan mampu menyatukan negara yang begitu besar ini. Ego akan baik jika di barengi dengan hati yang baik… menurutku Soekarno memiliki kedua hal ini. Ego yg besar tp juga hati yang lemah lembut, tpi juga keras hati. Soekarno memang orang yang luar biasa. Semuanya tentu telah digariskan oleh Tuhan

  37. ak hanya percaya apa yg ak liat, ap yg ak dengar…
    buka mata, hati, dan pikiran kalian… sejarah tidak terlepas dr campur tangan pihak2… apakah itu pro ataupun kontra… semua boleh beropini. jangan biarkan doktrinasi merasuki otak dan pikiran kita,,, sejarah telah banyak yg dibelokkan… dan semua itu hanya untuk kepentingan golongan. ak bukan apatis dan bukan komunis… mau itu soekarno atau itu soeharto atau siapun itu… i don’t care!!!! mereka punya jasa terhadap negeri ini. jangan selalu melihat dr kesalahan seseorang saja.. terkadang kita perlu melihat jasa2 mereka. kita tidak pantas menghakimi seseorang… SOEHARTO BEGINILAH… SOEKARNO BEGITULAH… BLA BLA BLA… siapakah kita bisa menghakimi manusia???? kita tidak selalu hadir didalam kehidupan mereka 24jam… kita tidak hadir dlm setiap pengambilan keputusan2 oleh mereka… kita hanya mendengar, membaca, melihat, dan parahnya lagi hanya ikut2an… nasionalisme dadakan!! menghakimi adalah HAK VETO TUHAN. skrng yg perlu kita lakukan… kita jangan pernah berhenti berjuang buat bangsa dan negara ini… kita hidup didunia dan masa yg berbeda… perjuangan kita bukan lagi melawan senjata,, bom,,, tentara dan lain2 tetek bengek TEMPOE DOELOE!! tp lebih mengerikan… perjuangan kita saat ini melawan pikiran2, dan egoientris manusia2 sok moderen. tetaplah kritis dalam bertindak. SALAM PERJUANGAN!!!!

  38. ma’nyossssssssssssssssssssssssssssssssssss

  39. merdeka!!!!!! itu yang sering diucapkan sang proklamator ………….mungkin dia meninggalkan kita tapi jiwa dan raga dia tidak pernah mati untuk rakyat….serta ideologi tidak pernah mati untuk selamanya .! mana pemimpin yang sekarang .mana wakil rakyat yang sekarng…………..pemimpin dan wakil rakyat yang sekarng hanya bisa………memainkan dagelan – dagelan yang dimainkan oleh anak buahnya saja.hidup soekarno dan keluarganya. kami dibelakang moe.merdeka………merdeka…………….merdeka……

  40. I LOVE SOEKARNO FOREVER……………………………………………………he is in my heart..i wont to be a soekarno,,,,,give thanks to soekarno?????

  41. Siapakah sosok seorang Soekarno?Di begitu dkenal tanpa mengenal jaman dg semangat perjuangany.Skrng Soekarno msh tetap hidup d dlm jiwa setiap generasi yg peduli terhadap Rakyat.MERDEKA!!!

  42. Antara SOEKARNO dan SOEHARTO..???
    SOEKARNO adalah sosok yang ingin kita kenang!
    SOEHARTO adalah sosok yang ingin kita lupakan!
    yaaa…memang sesederhana itu koq…

  43. KETIKA aku masih kecil atau berumur 8 thn bapakku bercerita tentang soekarno bapakku berkata apakah kamu mau sperti pak karno eru menjawab iya pak aku mau aku akan memplajari ilmu2 nya saja.

    DAN AKU SUDAH MULAItumbuh besar kakak ku membahas tentang pak karno rupanyya kakakku penggemar bung karno dia menyuruh aku untuk mencari tentang kisah2 pakkarno selama 5 hari aku mencari kisah2nya dan sejarahnya aku menyadari bahwa pakkarno bukan manusia biasa dia merupakan sang REVISIONER SEJATI sekarang aku menyimpulkan dari benak pikiranku sendiri apakah pakkarno dewa yang dikirim oleh tuhan untuk iINDONESIA INI soekarno adalah sosok dewa untuk indonesia sampai aku SMA AKUtidak akan melupakan pakkarno walaupun dia sdh tiada tapi semangatnya masih berkobar kobar sekian MERDEKA !!!!! BY ERU ANAK LAMPUNG

  44. selmat tinggal bung karno is my father

  45. memang dari kecil aku ingin mempelajari seorang bung karno dan dari kecilitu pula aku merasa bnyak kejanggalan yang terjadi dimasa kejayan pak harto,,,,memang di jaman ORLAMA aku belum hidup DAN ORBARU aku belum tau apa2 tapi jangan meremehkan pengetahuanku,, tapi di 2 orde itulah ku pelazari dgn sungguh2 seakan2 bertanya pada diriku ada apa dgn soekarno & soeeharto..?? tetapi keduanya berbeda soekarno jiwa patriolisme sedangkan soeharto jiwa perampas kekuasaan…!!

    dan dari situlah aku sangat menggemari bung karno…bahkan di saat kubaca sejarah dan ceritnya ini air mataku mengalir seakan2 merenungkan apa yang di rasakan bung karno di saat itu seperti pahlawan tanpa jasa… bahkan lebih dari pengorbanan seorang guru dan ibu memperjuangkan hak orang banyak..!
    bagiku nama bungkarno tak akan pernah habis di bumi pertiwi & kasih sayngku kepada bung karno setara dgn kasih sayangku kepada nabi mohamad saw & ibuku selamat jalan putra sang fajar semoga arwahmu tenang di sisi allah SWT amiiiin

    bung karno is my father…! i love you fulll

  46. sampe kapan juga tetep soekarno itu GODFATHER nya indonesia .
    spirit nya soekarno sampe sekarang masih terasa , cuman sayang spirit itu masih kalah sama spirit nya soeharto yang gila kekuasaan . liat aja indonesia sekarang , sebagian besar penguasa kita sudah tertanam soehartoisme . apa aja rela mereka lakukan demi mendapatkan kekuasaan yang mutlak .
    coba deh spirit soekarno dibangkitkan kembali dalam benak semua rakyat indonesia dan kita liat perbedaan indonesia ke depannya .

  47. bagiku Soekarno telah merubah Indonesia dari penjajahan ke kemerdekaan. Biarpun ada yang menghianati Pak Pak Karno, namun beliau tetap setia terhadap cita citanya … Semoga Indonesia tetap Merdeka dan Soekarno tetap jadi ingatan semua rakyat Indonesia.. Para putra putri Pak Soukarno agar tetap berjuang sekuat tenaga… Merrrrdeeeekaaaaa

  48. Soekarno…
    Salah satu manusia terbaik yang dimiliki bangsa ini
    sedangkan Soe***to…
    ihhh…..

  49. Sungguh besar Tuhan dengan segala rahmatNya …… Dia telah membukakan mata kita akan terjadinya suatu perilaku tidak manusia yang telah diterima Soekarno di akhir hayatnya, bahkan sampai dengan kematiannya yang teraniaya. Siapa tidak tahu kiprah Soekarno dalam upaya memerdekakan bangsanya ? Siapa yang berani bilang bahwa Soekarno itu pengecut sehingga layak menerima perlakuan amoral tersebut ?
    Saya memang tidak pernah mengalami jaman pemerintahan Soekarno, tetapi saya tahu persis bagaimana kiprah beliau di jaman merebut kemerdekaan. Dialah yang meletakkan 5 (lima) sendi bangsa Indonesia dalam kehidupan kenegaraannya, dia pulalah yang berani menantang dunia dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang diucapkannya. Dia juga telah berani mengorbankan 25 tahun masa hidupnya hanya untuk memerdekakan negara ini, memerdekakan bangsa ini dari tindihan kaum penjajah. Mana ada negarawan Indonesia (saat ini) yang berani bersikap dan berkorban seperti beliau (Soekarno)…. ?
    Tuhan Maha Tahu segalanya, dan Dia pasti akan memberikan tempat yang layak di sisiNya bagi pejuang bangsa yang satu ini.
    Terkutuklah wahai engkau orang-orang yang berani bertindak demikian amoral di akhir hayat Soekarno ……. !!!

  50. aq pengagummu……………

  51. Sangat kontras dengan Soeharto menjelang kematiannya, di mana di rawat di Rumah Sakit Besar dan dengan Tim Dokter yang Ahli…. Tetapi biarlah Sejarah yang menilainya nanti siapa yang benar dan siapa yang salah.

    Lantas siapakah Soekarno sebenarnya sehingga mendapatkan penghormatan yang demikian besar dari rakyatnya, bisa di baca di Buku Sukarno for dummies di http://asrul.blogdetik.com/ebo.....uk-pemula/

  52. Bagiku SOEKARNO adalah terbaik yang pernah dimiliki bangsa ini,,
    sy yakin INDONESIA akan mempunyai pemimpin seperti beliau,walaupun kapan waktunya??,,,,,

  53. anak TasikmalayaMarch 29th, 2010 at 09:25

    aku smpat ikut b’juang dngannya, sewaktu d asingkan d rengas dengklok……..sayang itu smua hanya dlm mimpi….heu
    sumpah…AKU “PENGAGUMMU”
    kata-kata itu smua untukmu SOEKARNO

  54. bung karno akan tetap ada dihati para pencintanya,,,,
    dia akan tetap hidup dihati kita semua,,,para generasi muda

  55. bung karno akan tetap ada dihati para pencintanya,,,,
    dia akan tetap hidup dihati kita semua,,,para generasi muda yang akan melanjutkan perjuangan-perjuangannya,,,HIDUP BANGSA INDONESIA,,,!!!!

  56. Hi temen2 semuanya…, kalian janganlah menghujat para pemimpin yang udah mendahului kita…, bagaimanapun mereka adalah org2 berjasa bagi bangsa ini…, kalian para penghujat … apa yang udah kalian perbuat untuk negara ini???, mulailah dari haL kecil..: apa yg udah kalian perbuat untuk kebaikan diri kalian sendiri..???? untk ortu kalian sendiri???? untk kampung kalian sendiri???… renungkan dulu…., banyak2lah membaca sejarah barulah “give a comment” !!!
    thanx n peace…

  57. ada kah di djaman sekarang orang seperti mu lagi,… pak….!!!
    semua orang menunggu kehadiran mu,.. kembali.

    tentram kan bahsa mu dengan damai….
    “wahai bahsa indonesia….

    salam damai selaloe

  58. tidak lah aq mengatkan bahwa kematian yg d alam soekarno amat menydihkan, sebab dri detik-detik kematian nya dia tetap menunjukan jiwa satria yg ia milki, karena ia turut dan patuh pada pemerintah yg berkuasa pada masa menjelang kematian’nya’

    bravo to ayahanda “soekarno”

  59. soekarno bisa membuat rakyat indonesia merdeka.
    sedangkan pada saat soeharto, apa yang bisa dia bisa dia perbuat?

  60. bung karno adalah founding father negeri ini…tanpanya dan rekan2 seperjuangan tak mungkin kita menikmati indahnya nkri…hidup bung karno,

  61. orang yang menyiksa bung karno pada saat mau mati aja repot, famili’a juga berantakan hidupnya,
    bisanya hanya foya” membabi buta
    itulah balasan bagi orang yg licik,
    HANYA MENYUSAHKAN NEGARA,

    dasar CRAZY MAN WHO WILL RULE

    soekarno is the best

  62. Soekarno dan soeharto adalah dua sosok pejuang bangsa yang berjasa bagi kemajuan bangsa………dukung presiden kita, siapapun dia, karena atas dukungan kita mereka akan kuat bertarung dan maju………….

  63. anwar ghendenk087June 18th, 2010 at 15:11

    Semua orang sudah tau siapa Bung karno.
    Seluruh Dunia mengagumi dan menghormati beliau bahkan segan kepada beliau.
    Cuma bangsa kita saja, masih ada yang tidak menghargai beliau.
    Sokarno pernah mengatakan “JASMERAH” (JANGAN PERNAH MELUPAKAN SEJARAH),
    Kalau Soeharto “JASMERAH” (JANGAN PERNAH MENGINGAT SEJARAH).
    Soekarno pernah berbicara “JANGAN TANYA APA YANG NEGARA BISA BERIKAN PADAMU, TETAPI TANYAKAN APA YANG SUDAH KAMU BERIKAN UNTUK NEGARA”,
    Kalau Soeharto “TANYAKAN APA YANG AKAN NEGARA BERIKAN PADAMU SEBELUM KAMU MEMBERIKAN SESUATU UNTUK NEGARA”.
    SOEKARNO MERUPAKAN ORANG BESAR YANG DIHARGAI DISELURUH DUNIA, SEMUA PEMIMPIN BESAR DUNIA SEGAN PADA BELIAU, TETAPI APA YANG BELIAU DAPATKAN SAMPAI BELIAU MENINGGALKAN KITA SEMUA, BAHKAN UNTUK BERTEMU KELUARGAPUN SANGAT SULIT, INIKAH BALASAN YANG KITA BERIKAN UNTUK BELIAU.

    COBA RENUNGKAN……..
    TERIMA KASIH

  64. anwar ghendenk087June 18th, 2010 at 22:35

    BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA PAHLAWAN.
    COBA KITA RENUNGKAN, APAKAH KITA SUDAH PANTAS DISEBUT SEBAGAI BANGSA YANG BESAR…..

  65. DIJUAL!!!
    foto asli bung Karno dengan tandatangan beliau untuk para kolektor atau Soekarnoisme, keaslian dari foto bertandatangan tersebut dapat dibuktikan keaslian nya. Bagi yang berminat dapat mengecek foto tersebut pada link berikut :
    http://img806.imageshack.us/i/pakkarno.jpg/
    http://img194.imageshack.us/i/pakjusuf.jpg/
    Bagi yg serius dapat menghubungi alamat e mail berikut :
    Borisrowo1@yahoo.com

    Thanks

  66. PADUKA YANG MULIA BAPAK SOEKARNO ALFATEHA…..

  67. suharto gak lebih dari binatang peliharaan amerika….saya berdoa dan banyak rakyat indonesia berdoa semoga jasad babi suharto membusuk dan disiksa dan pasti masuk neraka….

    soeharto babi

  68. Pemerintah Orde baru sangat kejam……………..
    soekarno semoga masuk surga.
    amiennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

  69. saya sejak kecil salah satu dari sekian banyak manusia yang sangat mengagumi presiden republik indonesia pertama, beliau sangat luar biasa dan beliau satu satunya tokoh di dunia yang bisa dikatakan sebagai pemimpin yang sangat berwibawa,saya sangat megagumi …..

    Engkau BUNG KARNO…..

  70. Bangsa ini merindukan pemimpin yang hebat dalam berkata-kata dan berbuat, pemimpin yang memberikan kebanggaan kepada anak bangsa yang dipimpinnya. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi alangkah baiknya jika kelebihan yang dimilikinya dimaksimalkan gunanya untuk bangsa dan negara.

    Soekarno (Sukarno) adalah contoh pemimpin yang mampu memberikan kebanggsaan dan kewibawaan bangsa. Seperti apa pun perlakuan yang harus mendera dan diterimanya, Soekarno tetap ada, tetap eksis, dan namanya tidak akan pernah terhapus dari sejarah dunia, lengkap dengan kebesarannya.

    Setiap era memiliki tokohnya, setiap sejarah mencatat peristiwa fenomenal, dan Soekarno telah menjadi salah seorang pengisi era serta fenomena itu. Bangsa ini merindukan pemimpin yang berani karena keberanian itu memberikan rasa percaya diri dan kebanggaan, keberanian untuk membela harkat dan martabat tanah air beserta anak bangsa yang mendukung di dalamnya.

    Waktu berlalu, sejarah bicara, dan biarlah kebenaran menemukan jalannya. Yang jelas, Soekarno pernah ada, akan terus ada, dan namanya akan selalu dikenang. Semoga bangsa ini mampu melahirkan Soekarno baru di masa mendatang, aamiin.

  71. Bapak ir.Sukarn0 Lahir dari doa para leluhur kt yg mNderita krn d jajah oleh bangsa Asing. .
    Penderitaan d sertai doa agar d beri pemimpin yg dpt mengusir penjajah akhr y d kabulkan tuhan dg d lahirkan y bung karno d indonesia. .
    Terimakash pahLawan2 ku. .
    Semoga dberi kebahagiaan d syurga. .
    Amien. . .

  72. fajar cahyo kumoloOctober 18th, 2010 at 12:16

    pernah saya berkunjung ke makam beliau,setelah mengambil foto dengan background batu nisan beliau,hasilnya sangat luar biasa ,siluet soekarno dengan peci dan bibir tersenyum,foto yang akan kusimpan sepnjng hidupku..saya yakin jiwanya masih menghangati jiwa bangsa ini..becik ketitik olo ketoro,sejarah akan terulang,sejarah akan membuktikan kebenaranya sendiri..kuyakin sampai disana pak Karno…

  73. waHhh…..
    aq bangga jadi anak indonesia ,, apalagi presiden soekarno pemberani dan tegas dengan rakyat nya …
    aq suka dengan presiden jaman dulu …

    aq cinta indonesia aqu dan tanah air aqu…!!!

  74. hidup adalah perjuangan

    soekarno berjuang agar namanya tetap baik di masa depan

    soeharto pun sama tapi… semua tahu faktanya…

  75. soekarno n soeharto…..hanya manusia biasa….,jgn menghakimi….,jika tdk ada kedua sosok itu…indo gk khan seperti ni….,saya berterima-kasih kepada mereka semua….,baik-buruk,sebab-akibatnya,byar Gusti Alloh yg tau….

  76. cb mengingat kembali kemasa lalu,semasa Almarum Soekarno,Soeharto menjabat,sama sekali tdk ada bencana melanda negeri…….bencana alam,tsunami,gn meletus,dsb.TW sendiri khan..??..tuw karna kedua sosok itu tetap kukuh mempertahankan adat istiadat kejawen,pamor mereka cukup tinggi.Doktrin mereka mantap,alam ghaib-pun segan.dan…….lain2….!!!…yg jelas mereka tokoh kuat.Rahasianya tetap mereka yg miliki…aman,sebelum bencana…doktrin.Gk bs doktrin brarti tdk py pamor.

  77. Dari semua komen …, hampir 90 % mengetahui bahwa Soekarno adalah Pemimpin yang telah berjasa pada negeri…, mereka bukan mencela tetapi memuji soerkarno dan mengkritik soerkarno.dan mereka mempunyai alasan yg kuat memuji sang Proklamator…,contoh :D ia sbg Pejuang untuk Revolusi Negeri dan konseptor kongres Pemuda..,Hampir semperempat abat di penjara untuk kemerdekaan negeri,Pendiri Negara dan dasar2 Negara 1945 ,mendirikan tegaknya negara RI 1945-1963,mencoba menjadi pemimpin baru Dunia ( Konferesnsi Asia – Afrika, Pendiri Gerakan Non Blok 1961(5 Negara), Menyelengarakan Ganefo( Stingkat Olimpiade dgn 44 Negara Ikut serta ), Keluar dari PBB dan ingin membentuk PBB baru yakni Conefo di muka bumi. Kekuatan Militer Indonesia terhebat di Asia Tenggara,bahkan AURI terkuat di Bumi bagian Selatan(Afrika, Asia Tenggara,dan Amerika Latin kekuatan militer udaranya nya tidak sebanding dengan Indonesia, bahkan untuk Australia,& New Zealand dan sebagian negara Eropa dan timur tengah peralatan militer udaranya di bawah Indonesia),Negara2 Besar Eropa, Asia dan Amerika tidak mengangap sebelah mata dengan Soekarno ( Lihat Foto2 Soekarno dg Pemimpin Besar dan Ia adalah salah satu dari Mereka ).Cerita Soekarno tidak akan pernah habis sampai berakhirnya negeri ini.
    Ini bukan Politik tetapi kenyataan dari sejarah…sulit bagi kita menhindari bahwa soekarno adalah Bapak Bangsa Ini.
    Mengapa Soeharto di keritik mungkin karena Soeharto adalah orang yang berfikir Pragmatis…,kepemimpinannya karena kontradiksi perebutan kekuasaan dari bawahan2 soekarno dan keterlibatan agen luar, dia berusaha untuk memimpin negeri ini tetapi ia tidak mengerti apa yang harus negeri ini lakukan untuk ke depan dan ia takut akan sebuah pemberontakan maka ia berusaha mempertahankan kekuasaanya, namun di akhir kepemimpinannya ia sadar bahwa negeri ini telah terjajah dan dia adalah Antek Negara lain..,usia yg tua dan ilmu pemimpin sebelumnya(Soekarno) yg ia hormati juga tidak merasuk ke jiwanya, tetapi sebait atau dua bait kata dari Soekarno pasti hadir di benaknya di akhir2 kepemimpinannya namun itu adalah terlambat…

  78. aku akan selalu mengenangmu dihatiku Putera Sang Fajar

  79. bung karno adalah presiden yang sesungguhnya….

  80. Negara ini memang dibangun dgn cara tidak benar.

  81. ternyata presiden yang baik hati dan seorang pemimpin besar dunia ini harus mengalami hidup yang sangat tragis untuk dirinya
    dan pemimpin besar yang sangat ditakuti didunia inilah yang menjadi penyebab utamanya. yang sangat kejam dalam memimpin negeri ini
    juga melakukan korupsi yang amat menyengsarakan hidup rakyatnya
    sekarang pasti suharto sedang mendapatkan balasannya di alam kubur

    hahahahaha

  82. amelia love soekarno foreverFebruary 24th, 2011 at 15:54

    pak soekarno tidak pantas diperlakukan seperti itu..
    pantas kah proklamator indonesia diperlakukan seperti itu..
    pak soeharto …
    bukan saya mencaci maki bapak
    saya hanya memberikan isi hati saya kpd bapak..
    saya tau bahwa bapak sudah tenang di alam sana …
    saya pun turut mendoakan bapak
    tapi saya sbgi warga negara indonesia ..
    saya mempunyai hak berpendapat seperti yg guru saya ajarkan..
    di zaman bapak berkuasa …
    apakah bapak berpikir bahwa pak soekarno itu seorang yang berjasa bagi indonesia ini ..??
    saya sangat amat menyukai pak soekarno …
    jasa pak soekarno sangat besar untuk indonesia ..
    pantaskah diakhir hidup nya diperlakukan seperti itu…
    pantaskah bapak melarang istri dan anak2nya mengunjungi pak soekarno..
    pantas kah bapak tidak mamberikan izin untuk mengambil obat untuk pak soekarno
    dan pantaskah bapak memberikan fasilitas yg tidak nyaman untuk bung karno..
    bung karno sangat tidak layak mendapatkan itu semua …
    dia bung karno adalah pahlawan indonesia..
    jasa dia untuk indonesia sangat besar pak..
    kalau bapak dibuat seperti itu apa tidak sakit hati …
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    saya bangga menjadi anak indonesia raya
    kami bangga mempunyai pahlawan seperti pak soekarno …
    kami anak indonesia menangis pak akan cerita ini ..
    kami berpikir pantaskah pahlawan yg sangat berjasa dibuat sepeti itu…
    TIDAK PAK ..
    dunia melepaskan seorang pahlawan yg brjasa..
    tapi hati kami anak indonesia tidak bisa merelakan yg bapak buat kepada bung karno
    jasa dia terhadap indonesia bgitu besaar pak ,,,
    mngkin tanpa dia dan para pahlawan yg lain
    mungkin sampai sekarang kita masih dijajah
    ….
    sekarang tidak banyak anak muda indonesia mengetahui tentang penderitaan indonesia daholo …susah nya keluar dari penjajahan ini..
    saya tegas kan pada anak indonesia …
    tanpa pahlawan ini kita mungkin masih dijajah
    maka dari itu kita harus belajarr..
    saya yakin pak soekarno pasti melihat semangat membara kita
    jangan sampai kita membuat pak soekarno menangis.kecewa
    kita lah generasi muda yg akan datang
    kita lah penerus indonesia..
    HIDUP INDonesia..
    pak soekarno walaupun kau telah tiada
    dunia ibu pertiwi ini merindukan mu
    kami rakyat indonesia sangat merindukan kehadiran mu untuk membimbing kami …
    jasa mu tak akan lekang oleh waktu …
    kau adalah pahlawan yg sangt berjasa untuk kami
    kami anak indonesia sangat bangga mempunyai pahlawan seperti mu
    ILOVE INDONESIA
    HIDUP INDONESIA …
    HIDUP BUNG KARNO …!!!!!!!
    MERDEKA ATAU MATI!!!!

  83. Soekarno is the best….

    Walau ragamu telah tiada namun semangat jiwamu masih tetap ada dihati rakyat Indonesia…

  84. SOEKARNO = PROKLAMASI,PANCASILA, MERAH PUTIH, NKRI
    mau tidak mau, kita semua pernah punya bendera, lagu kebangsaan, dan bisa ideologi.
    namun sekarang semuanya hampir hilang
    kembalikan soekarno kami….kembalikan proklamasi kami…..kembalikan jati diri kami……..

    sekarang waktunya menghadirkan soekarno baru di tengah-tengah bumi Indonesia

  85. aku terharuu……………..moga arwah bung karno tenang di sisi NYA,,AMINN

  86. hanya president soekarno yang berani biLang “GO TO HELL WITH YOUR AID!!” kepada negara Amerika Serikat dan negara kapitalis lainnya.

  87. assalamu’alaikum wr.wb.
    Maaf jika komentar saya ini kurang baik bagi anda semua,,,
    saya orang terbejad diantara mereka ,,, knapa?
    karena saya hanya sanggup mengkriktik dan menilai mana yang lebih baik, tapi diri saya sendiri belum tentu bisa seperti mereka yang telah rela mengorbankan seluruh kemampuanya untuk negeri ini (walau jalanya mungkin salah) . . .
    jadi saya harap jangan berburuk sangka bagi mereka para pahlawan bangsa, siapapun itu orangnya…
    makasihh
    wassalamu’alaikum wr.wb!!!

  88. Soekarna Masih Tetap Didalam Diri Saya ….Dan Kami Punya Rencana Lebih Besar Daripada Sekedar “MEMERDEKAKAN” Suatu Negara.

    Kami akan MEMERDEKAKAN Dunia Dari Jajahan Mental Perampas Dam pemerkosa hak dan Kemerdekaan Generasi Kami Yang Akan kami tinggalkan ..

    KAMI TIDAK AKAN MENITIPKAN BANGSA INI BUAT SIAPAPUN,,,,TP KAMI AKAN MEMBUAT BANGSA DAN NEGERI INI LAYAK BUAT KEMERDEKAAN SIAPAPUN.

    6668

  89. Merdeka…………………
    jasa – jasa beliau( bung karno ) patut dihormati.Dan mereka kaum Marhaenis sangat berjasa besar pula dalam pergerakan menuju kemerdekaan bersama para pahlwan.hidup bung karno……….
    semoga arwahmu tenang dan damai disisinya.Amiiiiiiiin……

  90. knapa bangsa kita mnjadi bangsa yang hina sekarang ini ? (bila melihat tingkah pemerintah & wakil rakyatnya)
    …. adalah krn masyarakat kita sndiri tidak mampu/berani mengatakan mana Putih & mana yang Hitam
    …. masih banyak yang tidak merasa malu mengatakan “keduanya berjasa, keduaya juga punya salah”, memamg betul tapi tidakkah bisa melihat?
    …. yg satu membuat bangsa ini disegani yang satu lagi membuat bangsa ini tak punya harga diri sampai sekarag,
    …. hingga entah kapan bisa bangkit, pada saat namgsa ini telah berani menetapkan mana si PUTIH, mana si HITAM.

    lanjutkan cita2 si putih & ajarannya, kubur dalam2 si hitam & tingkahnya.

    - aku lahir di tahun suharto diangkat presiden, syukur Alhamdulillah aku telah mencari tahu “Manusia Sukarno” sejak usia 9 tahun – & aku, Sukarnois -

  91. Beginilah hidup yang fana. Terkadang manusia tidak mau menerima kenyataan musibah yang dialami,dari hukum SEBAB dan AKIBAT banyak dibabarkan,bisa saja dikehidupan yang lampau,karma yang kami lakukan akan membuah matang pada kehidupan sekarang ini. Sebuah karma akan dilunasi dengan cara yang sangat2 adil dan seadil-adilnya. Dalam hal ini,Mungkin beliau Soekarno paham itu. Sehinggah perlakuan apa yang tertimpah pada dirinya dilalui dan diterima dengan kesatrian. Ujung2nya manusia akan menghadap Sang Khalik,mengapa pada kehidupan sekarang ini tidak melunasinya dengan tulus dan tabah. Kesimpulan: Tindakan apapun yang kami ambil haruslah dilandasi nurani. Siapa yang berbuat keburukan,pada akhirnya dapat kami melihat kenyataannya. Doa kami semua,semoga kepada para pahlawan pahlawan bangsa,pemimpin pemimpin bangsa negeri tercinta ini,diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa. Amin….

  92. Jika bangsa ini tiba-tiba merindukan beliau, saya tidak heran. Sungguh, saya tidak pernah heran dengan itu!

  93. Tidak ada manusia sempurna

    BK adalah manusia biasa juga. Hanya diberi kelebihan-kelebihan oleh YME. Jadi bisa juga berbuat salah dan khilaf, seperti kita dan siapa pun juga. Rasul saja pernah berbuaat salah, hanya sudah dijanjikan Tuhan keampunan. Jadi dosanya tidak dicatat alias dihapus.

    BK, bagaimana pun adalah the founding father bangsa ini. Jadi layak memperoleh penghormatan khusus. Begitu kalau kita tahu berterima kasih (jasmerah).

    Kematian BK dan proses di sekitarnya adalah sebuah tragedi. Tidak boleh terjadi kepada siapa pun kalau kita ingin menjadi bangsa beradab. (Beradab lawannya biadab).

    Apa hal terpenting yang perlu kita pelajari dan kerjakan dari tragedi BK ini? Ambil dan wujudkan-lah semua yang benar, dan buang jauh yang tidak baik. Maafkan kesalahan (sejarah)-nya, lalu doakan keampunan baginya.

    Menghujat sapapun (BK atau Harto) tidak produktif, tidak menghasilkan apapun.

    Terima kasih atas atensinya. Pasaribu

  94. ASS… gimna nhe presiden sekarang gk mentingin rakyat kecil tpii mntingin perutnya sendir..?

    qllo jdii presiden kita harus mementingkan rakyat dulu soal kita mah belakangan aja jgn janji doank gede…?

  95. sejarah telah membuktikan penyusupan agen CIA di indonesia yang selanjutnya menghancurkan pemimpin besar bangsa

  96. penggulingan Bung Karno memang merupakan skenario besar yang telah diputuskan oleh pihak Nekolim (Neo Kolonialisme dan imperialisme) yang menganggap Presiden Soekarno dengan kekuatan dunia ketiganya yang mencakup bangsa-bangsa Asia, Afrika dan Amerika Latin yang tergabung dalam gerakan”The New Emerging Forces”(NEFOS) sebagai kekuatan baru dunia yang akan mengganggu eksistensi kekuatan Nekolim. Hal ini sesungguhnya telah diungkapkan oleh Presiden Soekamo dalam pidatonya pada tanggal 28 Mei 1965 di depan pertemuan dengan para Pangdam se-Indonesia, dimana pada acara tersebut Presiden Soekamo yang didampingi oleh Letnan Jenderal Achmad Yani mengungkapkan bahwa berdasarkan data Intelejen yang disampaikan sendiri oleh Letnan Jenderal Achmad Yani; diketahui konspirasi Intemasional Nekolim telah menetapakan Revolusi Indonesia sebagai”Enemy Number 1″dan untuk menghancurkannya, maka Yani, Soebandrio dan Soekamo harus dilenyapkan.
    Dari situlah dapat dipahami bahwa sesungguhnya peristiwa 1965-1967 merupakan upaya penggulingan Bung Karno dari kekuasaannya yang dilakukan oleh konspirasi kekuatan internasional (lihaynya subversi Nekolim), dibantu oleh beberapa tokoh nasional yang berambisi menggantikan Bung Karno (oknum-oknum yang “tidak bener”)dan kemudian secara operasional dipicu oleh keblingeran pimpinan PKI. Upaya penggulingan Bung Karno tersebut pada kenyataannya dilakukan melalui langkah2:
    1. Pembunuhan terhadap jenderal-jenderal pendukung Bung Karno (Letjen Achmad Yani, dan kawan-kawan).
    2. Hancurkan kekuatan politik terbesar pendukung Bung Karno (PKI dan ormasormasnya,Partindo, dll).
    3. Pisahkan Bung Karno dari penngikut dan para pendukungnya (Penangkapan terhadap para Menteri Kabinet Dwikora, termasuk Soebandrio; para anggota MPRS, para anggota DPR-GR, DPA dan Front Nasional).
    4. Dan akhirnya gulingkan Presiden Soekarno (penolakan Nawaksara dan pelengkap Nawaksara yang dilanjutkan dengan penerbitan Tap MPRS, No.XXXIII/1967 tentang pemberhentian Bung Kamo sebagai Presiden)

  97. saya sebagai pengagum pak soekarno karena wibawa,sifat, dan kemampuanya ini merasa tertegun membaca sejarah tragis ini.. tapi. saya tidak begitu percaya kalau soeharto itu biang kerok dari segala carut marutnya negri ini.. saya memiliki feeling dia itu di fitnah dan mau tidak mau harus memainkan skenario “jahat”.. sebaiknya kita melihat orang jangan dari segi buruknya saja.. segala kemungkinan itu mungkin.bisa saja ini cerita palsu (maaf). soal keadaan negeri kita sendiri saat ini sebaiknya jangan saling melempar keslahan kepada pemerintah. memang sepertinya banyak kesalahan pemerintah. tapi toh apa gunanya kita mencaci maki? laksana tersandung lalu menagis, apakah dengan menangis lukamu akan sembuh? tidak bung. lukamu sembuh dengan cara kau mengobatinya. jadi sebaiknya kita biarkan saja, kau akan kehilangan 1 menit untuk menghebatkan diri saat kau 1 menit mencaci dan melempar kesalahn saja.mari kita membangunn diri terlebih dahulu setelah itu membangun negeri. di saat diri kita cukup matang untuk membuat Indonesia menjadi mercusuar dunia itulah di saat para orang2 yang membuat negri kita seperti ini runtuh. dan itulah timing yang tepat. percuma kalau kita mengurus masalah carut marutnya negeri ini sekarang ini, gak akan ada habisnya. negri ini bisa makmur bukan karena pemerintahnya, tapi karena semua komponen di nusantara ini. seorang pemuda yang menyala2 api nasionalisme berusaha mengubah negara dengan demo dll. itu percuma laksana 1 : 1000, bahkan lebih memalukan lagi pada saat pemuda itu beranjak dewasa malah kalah dengan gepokan duit . lebih baik di masa mendatang ketika kesadaran bangsa akan nasionalisme sudah banyak itulah di saat 1000:1. tentunya suatu kesadaran itu dimulai dari diri sendiri dulu.suatu kesadaran nasionalisme sejati bukan karbitan. kritiklah orang saat kau menjadi lebih baik dari orang itu,, jadi manusia utuh aja belum , mulutnya panasnya minta ampun. ketika di tanya, terus gimana? gimana kalau kamu yg urus? . pasti tolah-toleh..

  98. soekarno adalah sosok manusia yang memiliki kemampuan dan daya tarik tersendiri, soekarno adalah sosok pemimpin yang bisa membangkitkan semangat rakyat indonesia untuk melakukan perlawanan terhadap penjajah,, !!! tetapi apa yang dilakukan oleh rezim orde baru sangat tidak pantas untuk orang seperti soekarno,,,,,,sebenar nya apa yang kalian takutkan ( rezim orde baru ) dengan kehadiran soekarno diindonesia???sehingga kalian tega memperlakukan seorang proklamator yang berjasa bagi indonesia seperti itu

  99. kapan ya indonesia punya presiden seperti Bpk.Soekarno..?

  100. Semua apa yg pernah diucapkan oleh Bung Karno dimasa lalu, hari ini terbukti semua. “Sungguh perjuanganku lebih mudah krn mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit krn melawan bangsamu sendiri”.
    Hari ini apa yg bisa kita lihat dgn mata kepala kita sendiri. Orang2 saling menindas satu sama lain, saling memakan. Seandainya kita dijajah lagi oleh bangsa lain, tentu kita tdk akan prn bisa lagi merebut kemerdekaan itu. Dikarenakan kita tdk memiliki lagi org2 Indonesia terhebat yg bisa menyatukan dari Sabang-Meraoke, yg mempunyai jiwa nasionalisme yg tinggi. Malah yg ada skrg adl kesukuan yg dikedepankan.
    Bung Karno tidak perna menganggap dirinya orang Jawa. “Saya bukan orang Jawa, tapi saya orang Indonesia” kata Bung Karno.

    Selamat jalan Bapak kami tercinta Bapak DR.Ir.H.Soekarno, sungguh jasamu takkan pernah kami lupakan.
    Semoga Allah SWT memberikan tempat yg layak disisi-Nya Amin Ya Rabbal Alamin…

  101. artikel menarik,saya setuju bahwa Banyak orang menyayangi soekarno, tapi banyak pula yang membencinya. Namun semua sepakat, Soekarno adalah seorang manusia yang tidak biasa.

  102. INDONESIA sekarang baru BENAR-BENAR menangis atas kepergian beliau…
    masih adakah orang seperti beliau yang sangat kharismatik dan diagung-agungkan oleh rakyat INDONESIA dan ditakuti oleh negara-negara lain???
    kita doakan semoga beliau mendapat tempat yang setimpal disisi_NYA…
    AMIIIN

  103. Bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat menghargai jasa-jasa para pahlawannya, bagaimana bangsa Indonesia saat ini menghargai pahlawan Revolusinya? Mudah-mudahan siapapun Presiden yang akan terpilih di PEMILU yang akan datang, mempunyai program pemindahan makam Bung Karno seperti yang mendiang inginkan, kita bangsa Indonesia mestinya dan harus menuruti kemauan Bung Karno untuk dimakamkam di Batu Tulis Jawa Barat, kita berdosa apabila tidak bisa melakukannya. Saya tidak setuju dengan keinginan istri mendiang yang berasal dari Jepang Dewi Soekarno pada salah satu Wawncara dengan salah satu TV swasta belum lama ini bahwa mendiang Soekarno sebaiknya dipindahkan ke Jakarta, sehingga memudahkan bagi peziarah untuk mengunjunginya.

  104. hanya satu yg bisa aq katakan untuk pak karno, YOU IS THE BEST….
    engkau adalah inspirasi q, jika orang bilang engkau gila wanita, tapi aq yakin semua itu engkau lakukan karna itu hanya strategi untuk membantu kemerdekaan ini…’aq kagum denganmu, engkau telah memperjuangkan kemerdekaan ini, tapi setelah negara ini merdeka malah cuma menikmati x sebentar.
    selamat jalan sang maestro indonesia, jasa2 mu akan selalu terkenang di hati q.
    SOEKARNO YOU IS THE BEST..

  105. bapak soekarno sangat mencintai indonesia,terutama rakyatnya.
    beberapa berita miring yang berhubungan dengan beliau adalah hubungan beliau dengan PKI.
    berita miring itu beranggapan bahwa soekarno adalah bagian dari PKI.
    sebenarnya bukan itu.!
    tujuan beliau adalah tidak lain dan tidak bukan hanya ingin merangkul semua rakyat indonesia tanpa mempermasalahkan latar belakang mereka untuk bersatu melawan penjajah.
    hanya itu tujuan beliau.
    dan berita miring apapun terhadap beliau,saya akan tetap yakin terhadap pandangan saya kepada beliau.

  106. menangis hati ini setiap terkenang bung karno, walaupun sya tidak pernah merasakan hidup di masa sukarno, tapi sejarah telah membuktikan betapa berharganya seorang@sukarno di mata rakyat indonesia.
    Keep spirit 4 change indonesia to be better.

  107. menangis hati ini setiap terkenang bung karno, walaupun sya tidak pernah merasakan hidup di masa sukarno, tapi sejarah telah membuktikan betapa berharganya seorang@sukarno di mata rakyat indonesia.
    Keep spirit 4 change indonesia to be better.

  108. Seharusnya kita bangga, memiliki pemimpin seperti soekarno.. Kita sebagai ANAK BANGSA hanya bisa MENGKRITIKK tanpa bisa MENJADI apa yang kita kritikkan.. Kita ikuti jejak langkahnya para pemimpin yang sukses.

  109. saya sbg orang Blitar merasa prihatin dan terharu melihat akhir cerita dari “the founding father” kita. kelak semoga suatu saat Indonesia akan ada orang seperti Bung Karno ! teringat kata sang proklamator “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. kt jgn mudah d adu domba, “JASMERAH” smg hal ini tdk akn trjd lg d tanah pertiwi,,, AYO INDONESIAKU !!!

  110. Sonia pencinta kedamaianMarch 1st, 2012 at 16:39

    Setelah aq membaca artikel tadi sungguh menyedihkan kisah hidup soekarno yg seharusx beliau bisa menikmati hasil jerih payahx tapi beliau haruss menderita lahir dan bathin beliau d’bunuh secara perlahan-lahan tanpa di di siksa secara langsung fisikx tapii perlahan-lahan sungguh perlakuan yg tdak adil buat s’org putra fajar yg sdah bersusah payah memerdekakan negara tercinta ini…. Bung karno adlah sosok yg tdak akan pernah aq lupakan beliau adlh org yg sangat” dan sangat berjasa bagi negeri ini…tnpa belaiu dan kawan” mungkin negeri ini tdak akan bisa merdeka…ya allah smogga amal ibadah beliau engkau terima dan ampunilah kesalahanx di masa lalu…smogga belaiu mendapat ketenangan di sisi MU ya robbi…amiinnnnn

  111. suharto suharto…………………………………………matek wae saiki

  112. YA ALLAH SAYA BARU TAU TENTANG BERITA INI SAYA SAMPAI MENANGIS,SUNGGUH SAYA BARU TAU,SAYA BENAR-BENAR KECEWA DENGAN SOEHARTO

  113. Aku cinta Bung Karno..
    Dia adalah Pahlawanku dan Pahlawan Bangsa Indonesia.
    Tapi Presiden Megawati yang diandalkan untuk mengungkap semua skandal Suharto, tak mampu berbuat banyak untuk membela bapaknya.

  114. pak karno . pak karno . pak karno . merdeka . merdeka . merdeka

    sampai kapanpun engkau tak akan pernah mati .
    yang mati dan yang dikubur itu hanya jasadmu. bukan jiwamu.
    jasamu, pengorbananmu, perjuanganmu untuk negara ini tak akan terlupakan.
    kami merindukan pemimpin sepertimu…..

  115. begitu kejamkah suharto

  116. KITA PERTAHANKAN INDONESIA
    MERDEKA……MERDEKA…….

  117. Kami dari BUMIINA FOUNDATION saat ini lagi berjuang di ICJ Genewa untuk menuntut pembayaran sewa collateral yang dibuat oleh presiden Sukarno kepada 12 cabang Federal reserve dan 7 bank central eropa dan jepang yang telah menggunakan collateral ini sejak tahun 1961 tanpa pernah membayar sewa nya sampai hari ini.
    Insya Allah sudah berjalan 85% dan jika berhasil kami akan menggunakan dana tersebut dengan sebaik2 nya untuk meneruskan cita2 beliau untuk membangun dan mensejahterakan rakyat di bumi nusantara yang tercinta ini.Amin 3x

  118. Kami akan meneruskan perjuangan mu pak Sukarno, kami memulai dengan tuntutan kepada Federal Reserve di ICJ Genewa, semoga berhasil untuk membangun dan mensejahterakan rakyat indonesia ini.

  119. Artikel ini sangat menyentuh apalagi ketika hembusan etrakhir presiden no 1 yang sangat berperan dalam kemerdekaan indonesia.

  120. saya bangga dengan bung karno……bapak pendiri bangsa indonesia pendiri pancasila……kami akan selalu mengenangmu,sampai anak cucu dan cicit kami akan selalu mengingatmu..bahwa kamu bapak proklamator bangsa ini…..I love you soekarno.

  121. Soeharto=pengkhianat, untung matinya sakit duluan..

  122. Semua sudah berlalu dan kata pepatah “sing gawe bakal nganggo” sudah terbukti..bagi kita yg masih hidup jangan pernah mendendam pada siapa pun dan berusaha menjalankan pepatah “mikul duwur mendem jero” bagi para pahlawan Indonesia. Sebagai rakyat yang mencintai Bung Karno mari kita pertahankan warisan Beliau : Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Trackbacks/Pingbacks

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>